DELAPAN BULE KULIAH DI IKIP BUDI UTOMO

Dari Lima Negara, Ambil Bahasa Indonesia

IKIP Budi Utomo Malang memiliki tradisi baru. Setiap tahun perkuliahan baru, kampus ini selalu menjadi jujugan bule untuk tempat kuliah. ini tidak lepas dan keberhasilan IKIP Budi Utomo membangun kepercayaan dan Ditjen Kemdiknas, sebagai kampus jujugan program Darma Siswa. Tahun ini, delapan calon mahasiswa dan lima negara resmi menjadi mahasiswa baru IKIP Budi Utomo.
“Program Darma Siswa ini berlangsung selama satu tahun. Seluruh biaya perkuliahan mereka ditanggung oleh Ditjen Dikti Kemdiknas, termasuk akomodasi selama di Indonesia,” jelas Rektor Drs. H. Nurcholis Sunuyeko MSi.
Kedelapan mahasiswa itu adalah Balazs Bihari dari Hungaria, Solenne Horella dan Aymeric Armand Robert Sechat, keduanya dari Perancis, Na e mah Awae dan Nurhanan Chemuda, dari Thailand, Markhabo Djumanova dan Uzbekistan, serta Nguyen Xuan Thinh dan Vietnam. Kesemua calon mahasiswa itu mengambil keilmuan Budaya dan Seni Tradisional yang masuk dalam program studi Bahasa Indonesia.
“Satu lagi bernama Zurnalia Buka ah, dia dari Thailand. ini lebih khusus lagi sifatnya sebab transfer program sarjana dan Universitas Islam Yala. Jurusan yang diambil sama, Bahasa Indonesia. Tentu akan ada matrikulasi untuk menyesuaikan antara kurikulum di sana dan di kami, cuma tidak terlalu banyak sebab di sana basisnya juga bahasa Melayu,” sambung Nurcholis.
Saat ini, kedelapan mahasiswa bule itu sedang dalam proses administrasi menuju keberangkatan ke Indonesia dan langsung menuju IKIP Budi Utomo. Rencananya, kedatangan mereka terbagi dalam dua gelombang, yakni pada 26 Agustus dan 22 September. Pihak kampus akan melakukan penjemputan di bandara terdekat untuk selanjutnya mengurus akomodasi. Direncanakan semuanya akan tinggal di homestay yang saat ini tengah diurus.

 

Links


Mahasiswa

Dosen/Staff

Hubungi Kami

IKIP BUDI UTOMO Malang
Telp: [0341] 323214 - 326019
Fax: 335070
Email: info@budiutomo.ac.id