IBU Jamin Ijazah Lulusan Sah

MALANG POST - Sejumlah 2.135 wisudawan program studi S1 dan 86 wisudawan program masgister S2 telah resmi diwisuda dan menjadi lulusan IKIP Budi Utomo (IBU), Sabtu (12/9/15) di GOR Ken Arok. Dalam Prosesi Wisuda Sarjana S1 dan Pascasarjana S2 Tahun 2015, Rektor IBU, Nurcholis Sunuyeko, kembali menegaskan kemapanan status IBU, kali ini, di hadapan seluruh wisudawan dan orang tua atau wali wisudawan.

“Pada kesempatan ini memang benar masih ada kegalauan yang melanda mahasiswa-mahasiswi kami, khususnya yang hari ini akan diwisuda. Tetapi perlu diketahui dan dipahami bahwa status nonaktif IBU tidak mempengaruhi status lulusan anak-anak bapak dan ibu sekalian,” ungkap Nurcholis.

Ia menjelaskan, walau masih berstatus nonaktif, status ijazah yang akan diterima lulusan IBU dijamin sah dan legal baik secara akademis maupun yuridis administrasi.

Nurcholis menjelaskan, hal-hal nyata yang tengah dilakukan IBU untuk mengembalikan status aktif diantaranya adalah IBU telah mengangkat dosen tetap baru dimana hal ini menambah jumlah dosen tetap menjadi 232 orang dalam jangka waktu dua bulan.

Selain penambahan dosen tetap untuk menjaga normalitas rasio dosen dan mahasiswa, IBU tahun ini akan moratorium. Moratorium yang dimaksud adalah tidak menerima untuk sementara mahasiswa baru sampai tahun depan. Ia kemudian meminta maaf kepada seluruh masyarakat dan calon mahasiswa yang terpaksa ditolak melaksanakan studi di IBU, pada tahun ini.

Nurcholis menambahkan, sebagai wujud permintaan maaf, IBU akan memberikan beasiswa bagi seluruh pendaftar yang tercatat mendaftar pada 2015 ini, dengan pembebasan biaya pembangunan.

“Beasiswa akan kami berikan kepada seluruh pendaftar yang tercatat pada pendaftaran mahasiswa baru tahun 2015 ini. Hal ini sebagai timbal balik atas permintaan maaf dan untuk mengaprasiasikan kepercayaan masyarakat terhadap kampus IBU tercinta ini,” beber Nurcholis di hadapan 2.219 wisudawan dan ribuan undangan yang hadir.

Pada Wisuda kali ini, IBU juga turut memberikan penghargaan bagi 13 wisudawan-wisudawati atas prestasi yang diraih baik akademik maupun nonakademik. Rizky Fitri Lestari, salah satu wisudawati yang mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik dari Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris berujar sempat ada kekhawatiran dengan status nonaktif kampusnya.

Ia mengungkapkan, kekhawatiran akan status ijazah pada awalnya memang sempat terpikirkan. Namun, setelah mendapatkan penjelasan lengkap dari Rektor, kekhawatiran pun hilang.

“Memang saya sempat khawatir. Tetapi apa yang dijelaskan rektor tadi sangat logis dan masuk akal. Sehingga, saya optimis dapat menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi nantinya,” ujar wisudawati dengan IPK 3,88 ini saat ditemui di akhir prosesi wisuda.

Rizky menuturkan, rencana setelah lulus adalah melanjutkan jenjang studi S2 yang masih akan dilaksanakan tahun depan. Untuk beberapa bulan ini, ia akan melanjutkan mengajar dan mencari pekerjaan sebagai guru di sekolah yang ada di Malang.

Selain memberikan penghargaan kepada wisudawan berprestasi dalam bidang akademik dan nonakademik, wisuda IBU kali ini juga memberikan apresiasi tinggi bagi wisudawan dan wisudawati yang berasal dari tempat terjauh baik di Indonesia maupun dari luar negeri.

Wisuda IBU yang bertemakan Wisuda Harmoni Indonesia ini, selain diisi dengan prosesi utama yakni pengukuhan wisudawan, juga diisi dengan pertunjukkan sarat seni dan budaya. Pertunjukkan seni khas suku Kalimantan meramaikan prosesi wisuda yang berjalan kurang lebih empat jam ini.

 

Wisuda IBU kali ini ditutup dengan pertunjukkan kejutan empat wisudawan-wisudawati, dengan mempersempahkan lagu “Terimakasih IBU” yang ditujukkan khusus bagi Rektor, Nurcholis, yang juga  sekaligus dipersembahkan kepada seluruh orang tua dan wali wisudawan yang telah hadir. (mg9/oci)


 

Links


Mahasiswa

Dosen/Staff

Hubungi Kami

IKIP BUDI UTOMO Malang
Telp: [0341] 323214 - 326019
Fax: 335070
Email: info@budiutomo.ac.id