Begini Sikap Mahasiswa Soal Status Nonaktif IKIP Budi Utomo

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Mahasiswa IKIP Budi UtomoMalang tidak mempermasalahkan status nonaktif kampus mereka sejak pertengahan tahun 2015.

Ini lantaran proses belajar mengajar berjalan seperti biasa.

“Saya mahasiswa regular jadi dampak pembekuan tidak terasa. Selain itu, ada jaminan di kampus bahwa status dari Dikti (DirektoratPendidikanTinggi, red) tidak mempengaruhi perkuliahan,” aku Fauzan, mahasiswa IKIP Budi Utomo angkatan 2012 yang Surya temui di GOR Ken Arok, Jumat (11/9/2015).

Jaminan tersebut, lanjut Fauzan juga terbukti. Perkuliahan, serta layanan di kampus mereka masih berjalan seperti biasa.

“Saya dengar yang nonaktif itu hanya yang pascasarjana dan nonregular. Yang regular tidak,” tambahnya.

Di tempat lain, Wahyudi, mahasiswa angkatan 2011 IBU  juga beranggapan hal serupa. Dia tidak mempersoalkan status pembekuan kampusnya oleh Dikti karena layanan masih normal. Bahkan, kampusnya juga menggelar wisuda pada 2000 mahasiswa di GOR Ken Arok, Sabtu (12/9/2015).

Waktu wisuda tersebut sesuai jadwal perkuliahan di kampus yang terkenal dengan sebutan IBU. Wisuda kali ini merupakan wisuda yang ke 29, atau wisuda pertama di semester ganjil. Kampus ini tiap tahun menggelar  wisuda sebanyaktiga kali.

Rektor IBU Nurcholis Sunuyeko memastikan wisuda tahun ini merupakan bukti sekaligus penjelasan bahwa status nonaktif pendidikan tinggi tidak berpengaruh pada kegiatan pembelajaran mahasiswa.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa gelar, serta ijazah wisudawan juga sah lantaran hal itu tidak terkait dengan masalah institusi.

“Status nonaktif tidak mempengaruhi status mahasiswa IBU tahun ajaran 2014 keatas. Identitasmahasiswa juga sudah tercatat pada Dikti,” tambah Nurcholis.

Walau demikian, ia mengakui kalau status non-aktif tersebut sangat memukul IBU. Selain tak bisa menerima mahasiswa baru, status tersebut juga membuat kampusnya belum dapat menerima layanan dari Dikti, mulai dari pengajuan beasiswa baru, pencatatan nomor induk dosen baru, serta progam lain dari Dikti di tahun ini.

Seluruh layanan ini baru bias diterima IBU kembali setelah status nonaktif itu dicabut. Syarat untuk pencabutan status tersebut adalah rasio dosen mahasiswa harus sesuai ketentuan Dikti.

“Dengan wisuda saat ini syarat rasio dosen mahasiswa kembali normal. Satu banding 40 untuk yang noneksakta. Tapi, kami tidak menerima maba dulu sampai status nonaktif itu dicabut,” tambahnya.

 

Selain itu, Nurcholis juga memastikan akan ada pembenahan di internal IBU untuk meningkatkan kualitas. (SURYAMALANG.COM/adrianusadi)

 

Links


Mahasiswa

Dosen/Staff

Hubungi Kami

IKIP BUDI UTOMO Malang
Telp: [0341] 323214 - 326019
Fax: 335070
Email: info@budiutomo.ac.id