KELIK PELIPUR LARA SAAT JAMBORE PENDIDIKAN IKIP BUDI UTOMO MALANG

Jambore Pendidikan se-Malang Raya yang digelar TRIP Budi Utomo (BU) di Stadion Suropati Wajak 22-24 Juni lalu berlangsung seru. Apalagi ketika Wakil Presiden Republik BBM, Kelik Pelipur Lara tampil sebagai pemateri yang membincang tentang multikultural dengan dibumbui plesetan-plesetan kocak. Tak pelak, acara pun semakin semarak.
Sejak di atas panggung, Ucup Kelik sudah mampu mengocok perut peserta Jambore. Bahkan rektor dan wakil rektor pun tak luput digodanya. “Seibarat mobil, Rektor IKIP BU adalah mobil Suzuki Vitara yakni vitalitas tiada tara, Sedangkan wakil rektor adalah Katana, kalem tapi mempesona. Kalau Bapak Ali Badar (Kabikma) adalah Super Kijang, suka perempuan kaki panjang,” guyonnya yang disambut tawa ribuan peserta dan mahasiswa dan siswa SMA.
Usai menggoda rektor ia lantas menyampaikan pandangannya tentang multikultural yang menjadi tema Jambore. Menurutnya kita harus bangga tinggal di Indonesia karena merupakan tempat yang paling indah dengan beragam suku, agama, dan sebagainya. “Beda pendapat itu hikmah, yang bahaya adalah beda pendapatan, pasti Pak Rektor tidak mau khan bertukar pendapatan dengan saya,” imbuhnya yang kembali disambut tawa.
Ia juga kagum dengan IKIP Budi Utomo yang mampu memayungi multikulturalisme, sebab meskipun mahasiswanya berasal dan segala etnis dan suku, tetap satu. Karena itu menurutnya TRIP IKIP Budi Utomo layak membuka satu fakultas baru yakni Fakultas Multikultural. Di akhir penampilannya ia menyanyikan lagu Ibu Kita Melinda dengan nada Ibu Rita Kartini yang liriknya tentu saja sindiran yang menggelitik.
Sementara itu, Rektor IKIP Budi Utomo, Nurcholis Sunuyeko mengatakan kegiatan bertajuk ‘Reimplementasi Pendidikan Multikultural sebagai Pemersatu Bangsa’ ini ditunjukan sebagai wahana bagi peserta. “Harapannya, Jambore ini bisa menjadi miniatur keberagaman di Indonesia dan akan terbangun kolaborasi dan sinergi antar etnis, kultur yang berbeda,” ucapnya.
Ketua pelaksana, Suryadi, menambahkan kegiatan ini merupakan implementasi dan komitmen IKIP Budi Utomo yakni mencerdaskan bangsa tanpa memandang suku, sosial dan kultur. Kegiatannya sendiri didesain semenarik mungkin, diantaranya baksos dengan bersih desa sekitar perkemahan, ajang kreasi yel-yel, lomba karya ilmiah, lomba tenda, lomba ketangkasan dan berpikir. Acara puncaknya adalah malam inagurasi, yakni tampilan culture and art show dengan mengkolaborasikan lebih dari 15 macam tari dan lagu di Indonesia. Juga diserahkan bantuan buku kepada sekolah di sekitar lokasi.

 

Links


Mahasiswa

Dosen/Staff

Hubungi Kami

IKIP BUDI UTOMO Malang
Telp: [0341] 323214 - 326019
Fax: 335070
Email: info@budiutomo.ac.id